Bicara Bisnis

Bicara-bicara seputar bisnis yuk, biar bisa dapat uang sendiri dari bisnis sendiri, gak perlu tergantung sama salary kantoran PLUS bisa atur waktu sendiri sesuai kebutuhan.

Buku

The book to read is not the one that thinks for you, But the one which makes you think. ~ Harper Lee ~

My Work

Seputar catatan singkat soal tehknis yang sering saya alami karena memang saya bener bener belajar dari nol dalam menjalankan bisnis ini dan juga soal building website gini. BUT THERE”S A WILL THERE”S A WAY, Right ? ^_^

Nutrishake

Yuk mulai hidup sehat, dengan makan sehat dan olahraga dan dibantu dengan konsumsi NutriShake yuukk…

Sedikit Tehnik

Karena awam banget soal IT tapi tetep pingin punya website sendiri jadi pastinya banyak hal hal yang ngerti, kalau sudah mentok tok tok biasanya sih nanya ke temen or ke mbah gogel. Berikut beberapa catatatn yang terekam.

Home » Bicara Bisnis, Mixed Notes, My Life, My Work

Tips Menata Keuangan Setelah Lebaran

Submitted by No Comment

tips keuanganHabis liburan terutama libur lebaran gini pasti saldo tabungan banyak banget terkuras, keuanngan jadi serasa mepet kemana mana.

Karena kalau lihat kebiasaan kita, gak cuman pas lebarannya aja sih yang bikin uang ngalir keluar terus, sebenarnya mulai bulan puasa juga secara tidak sadar, uang sudah mulai banyak ngalir keluar, ada yang buat makanan untuk berbuka, untuk sumbangan, untuk parcel, lalu…. tambah libur lebaran, ada yang beli baju, ada yang siapin receh-receh untuk ponakan-ponakan, ada yang ke bengkel kendaran untuk siap-siap mudik, plus berbagai macam keperluan lainnya.

Jadi wajar sih ya kalau saldo menipis, bahkan terkadang uang THRpun juga entah kemana tak berbekas.

Oke… !

Libur tlah usai, kembali ke rutinitas berarti sama dengan ngecek saldo, ngecek keuangan dan mulai menyusun lagi rencana keuangan kita.

Ayo simak yuk, tips manjut untuk merencanakan keuangan kita ini ;

1. Cek Dana/Saldo Yang Tersisa

Pengting untuk mengetahui dana yang tersisa di tabungan anda, agar bisa menyusun anggaran sesuai dengan dana yang ada, dan jangan sampai dana yang tersisa itu minus, apalagi jangan sampai ada hutang.

2. Susun Ulang Rencana/Anggaran Keuangan

Ini termasuk juga CEK PENGELUARAN SELAMA LEBARAN.
Kenapa ?
Karena anda bisa tahu apa saja anggran lebaran yang anda butuhkan, jadi selain anda bisa mengatur kembali rencana keuangan harian anda, untuk jangka panjangnya anda juga bisa bersiap untuk siap-siap dana lebaran tahun depan.

3. Batasi Pengeluaran Harian

Untuk pos-pos yang bisa dihemat, cobalah disiplin untuk benar-benar berhemat, misalkan rencanakan perjalanan harian anda, biar hemat bensin/ongkos angkutan, bawa minuman dari rumah jadi tidak perllu keluar uang receh hanya untuk beli air mineral.

Pisahkan dana harian dan dana cadangan.

4. Fokus Pada Pekerjaan Atau Bisnis

Tetapkan dari sekarang, BERAPA UANG YANG HARUS ANDA HASILKAN dan berapa yang harus ditabung setelah semua pengeluaran. Hitung  dan buat rencana kerja anda, apakah penghasilan anda akan cukup untuk memenuhi pengeluaran biaya anda, atau anda memutuskan untuk berbisnis, memiliki usaha sendiri dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada sebagai karyawan.

 

sumber gambar : Google

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose